Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Senin, 09 Mei 2016

Lokasi Mimpi Harus di Langit!




Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukan dunia
Berlarilah, tanpa lelah, sampai engkau meraihnya
Bebaskan mimpimu di angkasa, warnai bintang di jiwa..

Beberapa penggalan lirik lagu ‘Laskar Pelangi’ dari grup band Nidji mungkin sangat cocok menggambarkan bagaimana hidup kita seharusnya. Hidup harus punya mimpi, ya itu adalah sebuah keharusan. Mimpi kita gunakan sebagai tujuan agar kita selalu mengayuh roda kehidupan dengan jelas, tidak terseok kesana kemari karena kita tahu kemana kita harus pergi. Ada sebuah perkataan dari seseorang yang tidak saya kenal, perkataannya kurang lebih seperti ini, “Taruhlah mimpi-mimpimu dalam jarak 10 sentimeter di depan kening, supaya kamu tetap fokus pada tujuan yang sudah kamu tetapkan”. Gunakanlah imajinasi tentang mimpi-mimpimu sebagai bahan bakar untuk tetap semangat dalam menjalani hidup. Jangan biarkan angan-anganmu menjadi semu, jangan biarkan itu semua hanya menjadi wacana yang utopis tanpa kamu berusaha untuk merealisasikannya. Karena tanpa mimpi kita akan mati.

Tapi mewujudkan mimpi itu bukan hal yang mudah, itu sulit.. Begitulah template pertanyaan hampir sebagian orang. Sulit, ya sulit karena kita tidak berusaha untuk mewujudkannya. Halangan, rintangan adalah bumbu-bumbu yang ada dalam perjalanan kita dalam meraih mimpi. Tapi bukankah Nidji dalam liriknya mengatakan “Menarilah dan terus tertawa, walau dunia tak seindah surga..” . Dunia memang tidak selamanya indah, tapi bukankah tanpa masalah hidup kita akan terasa hampa? Bayangkanlah hidup ini seperti tuts piano, tuts putih adalah kebahagiaan dan tuts hitam adalah masalah. Jika kita hanya memainkan tuts putih, piano akan terasa hampa. Tetapi, jika kita memainkan keduanya secara bersamaan dan seimbang maka akan tercipta melodi-melodi yang indah bukan?

Jangan pernah berhenti bermimpi dan jangan pernah tidak percaya pada mimpimu. Meskipun jalan menuju itu semua tidaklah mudah, tapi itu bukanlah alasan bagi kita untuk menyerah dan berhenti berharap. Sebagai penutup saya jadi ingat kata-kata keren dari menteri pendidikan kita, Anies Baswedan


“Lokasi lahir boleh dimana saja, tapi lokasi mimpi harus di langit!” 


0 komentar:

Posting Komentar

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.