Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Senin, 18 April 2016

Tips Packing Barang pada Carrier


Carrier atau ransel gunung adalah salah satu item yang tidak bisa dipisahkan dari seorang pendaki ataupun traveler. Karena mengingat fungsinya sebagai penampung bahan-bahan logistik untuk perjalanan, maka carrier merupakan salah satu barang yang sangat penting dan wajib dibawa. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pendaki atau traveler untuk mengepak/packing barang bawaannya dengan benar di dalam carrier guna untuk lebih efisien dan tentunya memberikan kenyamanan pada saat membawanya. Kita seringkali meremehkan masalah mengepak barang di dalam ransel/carrier ini, mungkin sebagian dari kita sering asal-asalan memasukan barang ke ransel, “Ah yang penting masuk” mungkin sebagian dari kita pernah berkata seperti itu. Tapi nyatanya hal sepele itu bisa berbahaya, ransel yang dipacking asal-asalan seringkali terasa lebih berat dan tidak seimbang. Hal ini bisa berbahaya, apalagi apabila trek pendakian tidak begitu bagus tentu hal tersebut dapat menguras tenaga dan memungkinkan kita untuk terjatuh karena carrier yang kita bawa tidak seimbang.
Kali ini saya akan sharing tips packing barang untuk mendaki gunung, agar pendakian menjadi lebih nyaman dan efisien.

1.       Buatlah daftar barang bawaan/checklist barang

Sebelum melakukan packing, sangat disarankan untuk membuat list barang apa saja yang akan dibawa. Mulai dari barang yang sangat penting hingga barang tambahan yang prioritasnya kurang.  Barang yang menjadi prioritas utama adalah
·         Makanan dan perlengkapan memasak walaupun pendakian hanya sebentar usahakan untuk selalu membawa makanan yang bergizi tinggi dan memberikan asupan energi yang cukup bagi tubuh. Peralatan memasak cukup membawa kompor kecil+gas dan nesting untuk wadah makanan dan wadah untuk memasak. Peralatan tersebut bisa dibeli di toko alat-alat outdoor.
·         Air, bawalah persediaan air secukupnya, lakukan penghematan dan isi ulang air apabila menemukan sumber/mata air pada saat pendakian.
·         Pakaian, bawalah pakaian secukupnya usahakan bawa pakaian yang tidak terlalu tebal tetapi cukup untuk memberikan rasa hangat dan mudah menyerap air/keringat. Bawa jaket yang tebal untuk melindungi dari terik matahari dan rasa dingin ketika malam tiba.
·         Matras, sleeping bag dan tenda, matras digunakan sebagai alas untuk tidur dan sleeping bag adalah salah satu item yang wajib dibawa untuk memberikan rasa hangat pada tubuh karena seringkali cuaca di gunung sangat dingin.
·         Obat-obatan atau P3K, seringkali kita meremehkan untuk membawa obat-obatan dan P3K padahal kita tidak tahu apa yang akan terjadi selama pendakian. Bawalah obat antiseptik, hansaplast/kain kassa untuk berjaga-jaga apabila terjadi luka luar. Bawa juga obat-obatan lain seperti minyak angin, obat sakit perut, mual dan pusing kepala karena biasanya gejala itu yang sering terjadi ketika mendaki gunung.
·         Lain-lain, bawalah alat navigasi seperti kompas/gps untuk berjaga-jaga apabila tersesat. Senter dan jas hujan juga menjadi item yang wajib dibawa pada saat pendakian.

2.       Perhatikan susunan barang pada carrier


 Simpan barang-barang yang ringan dan hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja seperti sleeping bag, jaket tambahan, pakaian dll di bagian paling bawah carrier. Barang-barang yang jauh lebih ringan dan berdimensi kecil lebih baik disimpan di bagian depan carrier seperti handuk dan pakaian dalam. Bagian tengah carrier digunakan untuk menyimpan barang-barang yang berat dan berukuran besar seperti tenda dan peralatan memasak. Terakhir, simpan barang-barang yang sering digunakan di bagian atas ruang carrier seperti makanan ringan, air dan barang-barang yang kira-kira dibutuhkan setiap saat, tujuannya adalah agar mudah dijangkau.


3.  Gunakan matras sebagai frame

Caranya adalah dengan menaruh matras secara melingkar di dalam carrier sehingga carrier lebih tegak dan stabil. Menyimpan matras di luar carrier terkadang menyulitkan langkah kita selama pendakian karena sering menyangkut di antara ranting atau pepohonan.

4. Simpan barang-barang di dalam trashbag atau kantung sampah
Sebelum baran-barang dimasukan ke dalam carrier, simpanlah barang-barang yang mudah basah atau rentan apabila terkena air seperti pakaian, bahan makanan dan barang lainnya ke dalam trashbag. Hal ini berfungsi untuk mencegah barang-barang agar terhindar dari air apabila terjadi hujan.

Itulah tips dan trik dalam mengatur kompartemen barang di dalam carrier agar perjalanan lebih nyaman dan juga efisien. Hope it helps and happy travel for all traveller!




1 komentar:

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.