Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Senin, 11 April 2016

Toleransi

Saya sangat bersyukur dilahirkan di bumi pertiwi dengan segala keanekaragamannya, terutama perbedaan dalam konteks sosial, budaya dan agama. Ribuan macam suku dan bahasa, beragam jenis ras, etnis dan agama tidak membuat bangsa kita goyah dan kalah oleh perbedaan. Jika ada yang bertanya semangat apa yang membuat kita menjadi ‘Indonesia’ jawabannya hanya ada satu, kita semua hidup dengan tujuan yang sama meskipun ada perbedaan diantara kita. Tahukah kalian apa semangat yang dimaksud? Bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Sedih, itulah perasaan saya ketika masih banyak orang yang mencederai arti sebuah toleransi. Masih banyak orang belum bisa menerima perbedaan entah itu agama, suku, ras atau etnis. Banyak dari mereka yang belum paham kita masih bisa berada disini, hidup dengan damai dan masih bisa bersosialisasi itu semua karena mayoritas rakyat Indonesia masih bisa menerima perbedaan dari Sabang sampai Merauke. Dengan segala macam perbedaan itu Indonesia masih tetap menjadi satu Negara tanpa terpecah-belah karena kita disatukan oleh satu sila dari dasar Negara dan sebuah ideologi. Sila ketiga, persatuan Indonesia dan bhinneka tunggal ika.

Indonesia itu luas kawan, saudara kita juga tersebar dari ujung Sabang sampai Merauke. Budaya ketimuran, keramahan masyarakat Indonesia telah banyak dikenal oleh Negara-negara lain. Apakah kita rela semangat persatuan, gotong royong yang sudah dibangun lebih dari satu abad rusak hanya karena satu titik kebencian? Ingatlah kawan, justru perbedaan itulah yang menyatukan kita dan menjadikan kita Indonesia.


Source: @Indonesiahaswords

Dia yang bukan saudara dalam iman adalah saudara dalam kemanusiaan (Ali bin Abi Thalib)


Sebagai penutup, kebetulan di Adelaide saya dan beberapa teman lainnya membuat project video yang membahas tentang isu-isu sosial, politik, agama, cinta dan hal-hal lainnya tetapi dengan pembawaan yang fun. Ini salah satu video dari kita, Orator Adelaide 






0 komentar:

Posting Komentar

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.