Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Rabu, 20 April 2016

Follow Your Passion



Mungkin kita sering bertanya-tanya kenapa orang seperti Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates  dan orang-orang hebat lainnya bisa sukses terutama dalam pencapaian karir mereka. Dari sekian banyak jawaban sebenarnya ada satu kunci mengapa mereka bisa seperti itu, because they follow their passion, mereka mengikuti apa yang menjadi passion mereka, mereka menjalani apa yang mereka cintai.

Pernah mendengar perkataan seperti ini? “Do what you love and love what you do” atau “If you work with passion, good things will come to you”. Pasti perkataan seperti itu sudah akrab di telinga kita dan sering kita dengar. Ungkapan itu banyak sekali benarnya. Ketika kita mencintai sesuatu, kita akan terus mengejarnya dan dengan senang hati berkorban untuk itu. Sama seperti tokoh-tokoh hebat yang telah saya sebutkan tadi, Zuckerberg rela meninggalkan almamaternya, Harvard University untuk mengerjakan project Facebook yang sudah dia kembangkan sejak lama. Bill Gates pun sama seperti Zuckerberg, dia rela keluar dari Harvard untuk mengembangkan Microsoft sampai akhirnya sekarang menjadi sebuah perusahaan yang sangat besar. Steve Jobs pun rela meninggalkan bangku kuliah untuk mengembangkan apple, sebuah perusaan teknologi yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Pertanyaannya adalah apa kesamaan Zuckerberg, Bill Gates dan Steve Jobs? Ya, mereka sama-sama mempunyai passion yang besar untuk mewujudkan mimpinya dan sangat mencintai bidang yang mereka tekuni.

Temukan passion kita dan jalani apa yang memang kita sukai dan cintai. Tapi terkadang tuntutan keadaan yang membuat kita tidak bisa mengikuti ego untuk tetap berjalan di bidang yang sesuai dengan kita. Disinilah kita dituntut untuk berani, berani untuk keluar dari zona nyaman. Comfort zone seems very nice and comfortable, but remember one thing..nothing ever grows in comfort zone. Kamu harus berani berkorban untuk mengejar mimpi dan passion kamu. In order to get something you must sacrifice something. Zuckerberg, Bill Gates dan Steve Jobs berani mengambil sebuah keputusan besar dalam hidupnya, mereka meninggalkan bangku kuliah di universitas yang prestisius karena ingin mengejar sesuatu yang memang mereka cintai sejak awal. Your journey starts here, young people..
Percayalah ketika kamu melakukan sesuatu yang menjadi passionmu kamu tidak akan pernah mengeluh dan akan mengerjakannya dengan hati. Rintangan yang ada akan kamu anggap sebagai bumbu dalam perjalananmu dan tidak akan kamu anggap sebagai masalah yang berarti. Kamu juga tidak akan merasa jenuh dan bosan, pernahkah kamu mendengar ada penyanyi yang bosan untuk bernyanyi? Atau seorang gitaris yang bosan untuk bermain gitar? Tidak pernah kan?

Pertanyaannya selanjutnya yang sering berputar-putar dalam otak kita adalah bagaimana caranya menemukan passion kita? Seiring waktu berjalan kamu pasti akan menemukan apa yang menjadi kesukaanmu, butuh perjalanan panjang sampai kamu benar-benar menemukannya. Enjoy every single process of your journey until you find what your passion is. Ketika kamu mengerjakan sesuatu hingga berjam-jam lamanya bahkan tanpa dibayar sedikitpun dan kamu tidak mengeluh untuk melakukan itu, bisa jadi itu passionmu. Ketika kamu enjoy mengerjakan sesuatu dan tidak ingin ada orang yang mengganggumu, bisa jadi itu passionmu.


Passion kamu bukanlah hal-hal random yang muncul begitu saja, passion akan datang melalui panggilan hatimu sendiri. Sooner or later kamu akan mengetahui apa yang menjadi kesukaanmu jika kamu terus mencari. Passion sendiri muncul dari rasa ingin tahu yang besar atau curiosity. Mengejar rasa ingin tahu itu bisa jadi batu loncatan yang besar untuk kamu dalam menemukan apa sebenarnya yang kamu suka.


Karena sesungguhnya, hal paling menyenangkan di dunia adalah ketika kamu bisa mengerjakan hal-hal yang kamu sukai. 

I have no special talents
I am only passionately curious 
-Albert Einstein


0 komentar:

Posting Komentar

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.