Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Selasa, 05 April 2016

Surga itu bernama Indonesia…


engkau akan terus berkibar selamanya



Walaupun banyak negeri ku jalani..
Yang mahsyur permai dikata orang..
Tetapi kampung dan rumahku, disanalah ku rasa senang

Penggalan lirik lagu ‘Tanah Air’ karangan Ibu Sud ini rasanya cocok menggambarkan betapa saya mencintai sebuah negeri yang bernama Indonesia. Negeri itu belum sempurna, banyak kekurangan..banyak sekali. Tugas saya dan kita lah untuk menyempurnakan surga bernama Indonesia.

Semangat nasionalisme itu baru tumbuh sangat kuat ketika saya pergi menimba ilmu di negeri seberang. Rasa rindu ingin pulang ke pangkuan ibu pertiwi begitu sangat kuat saat kita berada jauh darinya. Mau bagaimanapun saya dan mungkin kalian tidak akan pernah lupa kepada Indonesia, negeri subur nan kaya, surga dunia..begitu kata orang.

“Indonesia is very beautiful, can’t get enough to explore your country” begitulah kata seorang bule Australia itu, dia menceritakan betapa Indonesia sangat indah dan menjadi rumah kedua baginya. Adakah alasan bagi kita untuk tidak mencintai negeri yang indah ini? Saya rasa tidak. Mungkin sebagian dari kita sudah mulai jenuh dan muak rasanya tinggal di negeri ini. Korupsi, konflik, kekerasan, kriminalitas dan hal-hal buruk lainnya menjadi alasan bagi sebagian orang untuk meninggalkan Indonesia.
Pernahkah kita menganggap Indonesia sebagai orang tua atau kekasih kita sendiri? Bukankah mereka adalah manusia? Tentu mereka tidak sempurna, tapi kita tetap mencintai mereka dengan segala kekurangannya bukan? Bisakah kita mencintai negeri ini sebagaimana kita mencintai orang tua, kekasih dan bahkan tuhan kita sendiri?







0 komentar:

Posting Komentar

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.