Blog ini adalah catatan harian online seorang manusia, lebih tepatnya seorang pelajar. Berisi hal-hal random mulai dari alam, motivasi, nasionalisme, sosial dan hal-hal lainnya..

Rabu, 11 Mei 2016

Untuk Kamu Perempuan Indonesia, Kamu Harus Tahu Bahwa Dirimu Hebat!

For all women in Indonesia, it is time for you to show your potential!

“Pada hakikatnya, wanita adalah individu yang hebat, karena dari dalam rahim merekalah lahir orang-orang besar”

Wanita atau perempuan selalu digambarkan sebagai sosok yang lemah, tidak berdaya, dan selalu bertumpu pada lelaki. Tapi, apakah benar seperti itu? Ya, dalam budaya patriarki wanita digambarkan dengan ciri-ciri seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Laki-laki selalu digambarkan memiliki kedudukan yang lebih tinggi daripada wanita. Padahal kenyataannya tidaklah seperti itu, sejatinya gender adalah setara, baik pria maupun wanita, tidak ada yang kurang dan tidak ada yang lebih. Wanita bukan subordinat pria begitu pula sebaliknya. Wanita bukanlah kaum yang lemah, tidak percaya? Silahkan hitung berapa banyak pahlawan wanita Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini. Dari mulai Martha Christina Tiahahu yang berjuang mengusir penjajah dengan mengangkat senjata, sampai Dewi Sartika yang berjuang dengan cara mendirikan sekolah bagi para wanita. Setelah melihat sosok-sosok seperti mereka, masihkah kita berkata bahwa wanita adalah sosok yang lemah dan tidak berdaya? Silahkan berpikir dua kali untuk mengatakan itu.
Seringkali kita menganggap bahwa wanita hanyalah objek semata. Entah hanya sebagai pencetak keturunan atau sebagai pelayan laki-laki. Tidak, they are more precious than that. Apalagi di zaman modern ini di mana kesetaraan gender makin lantang diperjuangkan, wanita mempunyai kedudukan yang sama di mata pria bahkan mereka saling bersaing, dalam hal yang positif tentunya. Wanita adalah sosok yang tidak kalah hebat dengan pria. Bahkan, sekarang ada sebuah konsep yang bernama alpha woman. Alpha woman adalah wanita-wanita hebat yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Cantik, pintar, dan energik adalah beberapa ciri dari alpha woman. Jika kamu ingin mengetahui siapa saja contoh dari wanita yang bisa dianggap sebagai alpha woman, you better check this out!

1.       Sri Mulyani

Masih ingatkah dengan ibu yang satu ini? Ya, beliau adalah seroang alpha woman sejati, mantan menteri keuangan era presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sekarang menjabat sebagai direktur pelaksana bank dunia. Sebuah posisi yang tidak bisa dianggap main-main, mengingat Sri Mulyani adalah satu-satunya wanita dalam jajaran direksi Bank Dunia. Cerdas dan berwawasan luas, karakter itulah yang dimiliki oleh seorang Sri Mulyani dan seharusnya dimiliki oleh setiap wanita di Indonesia.




2.       Dian Sastrowardoyo

Siapa yang tak kenal wanita cantik yang satu ini? Dia adalah seorang Ibu, seniman dan juga seorang wanita yang sangat cerdas. Seorang aktris yang tidak hanya mengandalkan kelebihan fisik semata, tetapi juga kecerdasan. Selalu mengingatkan wanita di Indonesia untuk mengedepankan pendidikan dan menjadi ibu yang smart untuk anak-anak mereka kelak.

“Éntah akan berkarier atau menjadi ibu rumah tangga. Seorang wanita wajib berpendidikan tinggi karena mereka akan menjadi seorang ibu. Ibu yang cerdas akan anak-anak yang cerdas”
Kalimat yang dikatakan Dian Sastro ini seakan menampar orang-orang yang sering mengucapkan kata-kata ini kepada wanita, “ah ngapain sekolah tinggi-tinggi toh ujung-ujungnya jadi ibu rumah tangga juga, kerja di dapur, ngurus anak dan suami”. kata-kata yang sangat kuat dari seorang Dian Sastro untuk mematahkan stereotype yang sudah berkembang di masyarakat kita.



3.       Najwa Shihab

Seorang presenter dan jurnalis wanita ini mungkin namanya sudah sering kita dengar. Kemampuannya dalam membawakan sebuah acara televisi dan juga kemampuannya dalam melontarkan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumber membuat nama Najwa Shihab semakin dikenal. Anak dari mantan menteri agama Quraish Shihab ini pernah mendapatkan predikat sebagai jurnalis terbaik Metro TV dan mendapatkan penghargaan Young Global Leader dari World Economic Forum. Sebuah prestasi dari seorang wanita yang tidak bisa dianggap remeh tentunya .



4.       Dewi Sartika

Pahlawan wanita asli bumi pasundan ini berjuang melalui jalur pendidikan. Melawan tindakan diskriminatif Belanda dan juga pemikiran kolot dimana perempuan sulit dan bahkan mungkin tidak bisa mendapatkan akses terhadap pendidikan. Tapi dia tidak menyerah dengan keadaan begitu saja, perjuangannya untuk menuntuk kesetaraan hak bagi kaum wanita ditunjukan dengan aksi nyata. Dengan memakai uang pribadinya dia mendirikan sekolah keutamaan istri, memperjuangkan pendidikan bagi kaum wanita.

“Bagaimana caranya agar bangsa kita bertambah maju? Hal itu oleh para pembesar sudah dipikirkan, yaitu kaum wanitanya harus maju pula, pintar seperti kaum laki-laki, sebab kaum wanita itu akan menjadi ibu. Merekalah yang paling dahulu mengajarkan pengetahuan kepada manusia, yaitu kepada anak-anak mereka, laki-laki maupun perempuan” (R. Dewi Sartika, 1911)




Tokoh-tokoh diatas hanyalah sebagian kecil dari sosok wanita-wanita hebat yang ada di Indonesia, belum lagi di dunia. Sudah saatnya wanita pun bisa berkontribusi secara nyata, memaksimalkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya dan menunjukan pada dunia bahwa wanita tidak kalah hebat dibandingkan dengan kaum pria. Untuk menutup tulisan kali ini, saya akan memberikan sebuah video yang dibuat oleh Microsoft dalam rangka International Woman’s Day, for all woman in Indonesia, be prepared cause’ it is your time to show your power to the world!









0 komentar:

Posting Komentar

About Me!

Foto saya
Halo! saya hanya seorang pelajar biasa yang sedang menuntut ilmu di negeri kangguru, seorang anak muda yang sedang mencari jati dirinya.